MELAYANI DENGAN HATI SELANJUNG INOVASI >>> MELAYANI DENGAN HATI SELANJUNG INOVASI >>> MELAYANI DENGAN HATI SELANJUNG INOVASI >>> MELAYANI DENGAN HATI SELANJUNG INOVASI >>>

Cara dan Trik Menghafal Cepat

Mau tahu cara dan trik menghafal cepat, silahkan baca artikel di bawah ini :

Bagi remaja masa kini, belajar mungkin merupakan hal yang membosankan. Walaupun tidak semua anak beranggapan demikian, namun sebagian besar remaja setuju akan hal itu. Saya harap setelah Anda membaca tulisan ini, Anda tidak lagi beranggapan

bahwa pelajaran itu membosankan.

Selamat membaca…!!!!!!!!!Trik cepat menghafal tepat :

1.    Ciptakan suasana belajar senyaman mungkin, se-rileks mungkin karena hal ini sangat berpengaruh. Saat menghafal,kita membutuhkan kerja otak kanan dan kiri. Dengan suasana yang rileks akan membantu kita memaksimalkan kerja kedua otak tersebut. Dengan demikian, kita akan mudah menghafal/menyerap materi.

 

2.    Baca dengan cermat
Pada dasarnya, model pokok belajar adalah membaca. Bacalah dengan seksama bahan yang akan kita hafal. Lalu, YAKINLAH bahwa kita benar – benar memahami materi yang kita baca. Saat kita menemukan bagian tersulit, bacalah bagian tersebut dahulu. Cara ini sangat berguna karena biasanya menghafal yang sulit akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dan jika kita telah berhasil menaklukkan bagian tersebut, kita akan termotivasi untuk menaklukkan bagian yang lain yang lebih mudah dan lebih cepat.


3.    Ulangi bagian tersulit
Baca kembali bagian tersebut dengan cepat dan ulang – ulang bagian lain juga dengan kecepatan tinggi.


4.    Buat “penanda” dalam benakmu
Ciptakan penanda dalam benakmu dangan membuat sebuah perumpamaan. Dan Mikels, orang yang mampu mengingat semua nama, alamat, dan nomor telepon yang ada di Los Angeles yakin bahwa orang mulai kehilangan kemampuan mengingat saat mereka mulai menandai. Tanda menurut Mikels adalah peristiwa – peristiwa yang menarik, baru dan menyenangkan dalam kehidupan kita. Visualisasikan tanda itu menjadi sesuatu yang dapat kita lihat dengan sejelas-jelasnya. Misalnya dengan membuat gambar kartun, sketsa atau diagram.


5.    Ulangi dengan suara
Ulangi lagi bacaanmu, sekarang dengan mengombinasikan antara suara yang kamu keluarkan dengan tanda apa yang telah kamu pilih. Kalau kamu mau lebih seru, ngga’ salahnya menambah gaya saat menghafal.


6.    Tidur
Belajar sambil tidur ? Ya, tidurlah sejenak setelah kamu mengulangi kembali apa yang sudah kamu baca dan hafalkan dengan singkat. Sebab proses pengendapan dalam memori akan lebih cepat terjadi manakala kita tidur, sekaligus memulihkan stamina yang telah kita pakai selama proses menghafal tadi.

sumber: yahooanswer

editir: Achmad Mauluddin

Add comment

Security code
Refresh